Selasa, 29 Agustus 2017

Tips Pertama Kali Naik Pesawat


Salam Traveller.

Langsung aja sobat, Buat kalian yang baru pertama kali berpergian naik pesawat dan masih bingung gimana proses dari masuk bandara sampai turun pesawat, nih kita rangkumin tips agar semuanya lancar. Simak ya.

1. Udah di Bandara 2 Jam Sebelum Jam Keberangkatan

Check in dibuka 2 jam sebelum jadwal keberangkatan dan tutup 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, jangan sampai sobat tidak bisa terbang karena terlambat check in. tapi jangan kecepetan juga, biasanya kita baru boleh masuk check in jika meja check in sudah dibuka ini yaitu 2 jam sebelum jadwal keberangkatan. 

2. Tertib Pemerikasaan dan Memasukan barang ke X-Ray

Saat pertama kali akan masuk ke area check in biasanya ada petugas Avsec yang melakukan pemerikassan tiket kalian, silahkan kalian tunjukan tiket kalian. kemudian saat akan melalui area pemeriksaan bagasi masukan barang2 bawaan sobat ke X-Ray. Untuk HP dan barang kecil bisa sobat gunakan baki yang tersedia. 
Tips dari mimin saat memasuki area check in dan ada petugas yang menawarkan bungkus barang (wrapping) silahkan sesuaikan dengan kebutuhan sobat karena ini tidak wajib, kecuali jika barangmu diminta oleh  avsec untuk di bungkus karena suatu alasan.

 3. Check in di Counter Check in sesuai penerbangan

 

Setelah pemeriksaan selesai, silahkan kalian langsung menuju meja check in sesuai penerbangan di tiket sobat. Sobat bisa melihat layar monitor / tulisan di atas meja  yamg sesuai dengan penerbangan sobat. jika ragu lebih baik bertanya dengan petugas, jangan sampai sobat udah antri lama ternyata salah antrian.
Barang-barang yang akan sobat masukan bagasi bisa langsung sobat naikan ke timbangan saat checkin  dan untuk yang di bawa ke dalam cabin pesawat tidak perlu ditimbang dan pastikan ukuran dan beratnya tidak melebihi aturan yang ada.

4. Menuju ruang tunggu (Boarding Louge) setelah checkin

Jika proses check in sudah kelar sobat bisa langsung menuju ke ruang tunggu sesuai yang ada di boardingpass sobat. lihat di gate berapa sobat harus menunggu dan ikuti petunjuk arah yang ada. sebelum memasuki ruang tunggu akan ada pemeriksaan oleh petugas. silahkan siapkan boardingpass dan kartu identitas sobat kemudian saat melewati X-ray harus tertib ya. kalau surug buka tali pinggang ya di buka, jangan ngeyel . hehehe


5. Menunggu panggilan boarding sesuai penerbangan

Jika udah ketemu di gate berapa sobat harus nunggu, ya udah sobat tunggu aja sambil dengerin siaran yang di umumkan untuk naik ke pesawat. Bisa sambil foto2 terus upload ke Instagram dan mention ke @wisata_one. heheheh

6.  Masuk ke pesawat dan cari tempat duduk mu

Sesaat setelah boarding (naik pesawat), kamu akan diminta mematikan handphone agar tidak mengganggu sistem navigasi pesawat. Selain itu, kamu akan diminta kenakan sabuk pengaman seperti yang diperintahkan. Satu lagi, perhatikan demo keselamatan penerbangan yang diperagakan oleh awak kabin. Buat sobat yang harus transit. silakan hubungi petugas biar lebih jelas. Have a nice flight sobat.

0 komentar: