Jumat, 29 September 2017

Tips Mendaki Kawah Ijen

Salam wisata-one, Tak lupa mimin doakan semoga sobat selalu dalam keadaan sehat dan banyak rezeky. kali ini mimin mau share tips buat kalian yang berencana ngetrip naik gunung kawah ijen. di simak ya semoga bermanfaat.



  1. Persiapkan fisik

Untuk mencapai ke Puncak Kawah Ijen kita diharuskan untuk jalan kaki sejauh 3 km. Waktu tempuh rata-rata pendaki adalah 2 jam untuk naik. Walaupun kelihatan dekat dan mudah namun kita perlu mempersiapkan fisik terlebih dahulu. Apalagi bagi anda yang sangat jarang berolahraga atau pendaki pemula.
Beberapa hari sebelum berangakat disarankan untuk berolahraga ringan. Jalan santai atau lari-lari kecil untuk meregangkan otot. Karena jika anda siap fisik maka perjalanan naik ke puncak akan terasa menyenangkan dan tidak terasa berat.

  1. Bawa peralatan yang dibutuhkan

Tips selanjutnya dari 5 Tips Ke Kawah Ijen yaitu siapkan perlatan yang dibutuhkan. Peralatan disini tergantung kebutuhan anda. Jangan bawa peralatan yang dirasa tidak perlu. Beberapa perlatan yang wajib dibawa yaitu :
  • Masker
Masker disini jika bisa bawalah masker yang bagus. Sejenis masker N95 atau masker respirato
Alat satu ini sepele namun sangat penting. Pendakian Kawah Ijen yang dimulai malam hari membuat jalan menjadi sangat gelap. Bawalah senter atau minimal Senter dari handphone.
  • Snack
Ini hal penting juga, di atas puncak kawah tidak ada warung atau restoran. Maka untuk mengganjal perut anda setelah pendakian yang berat makan bawalah sncak sncak ringan. Minimal roti atau sesuatu yang manis untuk menambah kalori.

  1. Pakailah jasa guide lokal

Jika anda masih pemula dan belum pernah melakukan pendakian, maka pakailah jasa guide lokal yang ada disana. Karena selain bisa membantu anda selama pendakian, Guide Lokal ini juga bisa menemani anda ketika mendaki. Salah satu yang bisa membuat anda gagal ketika mendaki adalah lemahnya niat karena terlalu capek. Dan ini peran guide untuk memotivasi anda ketika anda merasa tidak mampu.
Selain itu anda akan dibantu menemukan spot foto yang sepi dari orang dan tips ke kawah ijen yang jarang diketahui orang lain. Anda akan lebih merasa dekat dengan lokasi yang anda kunjungi ketika anda bersosialisasi dengan masyarakat lokal. Atau jika anda tidak ingit bingung dengan segala persiapan di atas, pakailah jasa tour kawah ijen yang kredibel.

  1. Siapkan uang secukupnya

Jangan bawa uang dalam jumlah besar ketika berwisata. Atau pisah-pisahkan uang anda, jangan taruh dalam satu tempat. Karena anda di sini akan bertemu bermacam-macam orang dari berbagai latar belakang. Untuk berjaga-jaga tanpa bermaksud buruk maka simpanlah uang anda di tempat aman. Tidak lucu jika anda kehilangan uang dan tidak punya cadangan ketika pulang.

  1. Pipis dulu

Last but not least, pipis dan PUP lah dulu sebelum naik ke Kawah Ijen. Tips ke Kawah Ijen satu ini konyol namun penting. Karena di atas anda tidak akan menemukan toilet umum. Adanya toilet alam. Toilet terbuka yang mungkin hanya laki-laki saja yang bisa melakukannya.
Beberapa tips ke kawah ijen di atas semoga bisa membantu anda berwisata dengan nyaman. Walau tidak lengkap namun cukup akurat dan penting. Yang terpenting adalah Leave nothing but footprint, take nothing but pictures.

0 komentar: